2 samuel 23:3b-4 (Apabila seseorang memerintah manusia dengan adil, memerintah dengan takut akan Allah, ia bersinar seperti fajar di waktu pagi, pagi yang tidak berawan, yang sesudah hujan membuat berkilauan rumput muda di tanah)

Jumat, 29 Juni 2012

Pilkada Kota Kupang Lanjut ke Putaran Dua


Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Kupang masa jabatan 2012-2017 kemungkinan besar berlangsung sebanyak dua putaran. Hasil perhitungan sementara menunjukkan, pasangan calon independen Yonas Salean-Herman Man memimpin perolehan suara sebanyak 26,78 persen dari total 233.045 suara.


Sedangkan pesaingnya, Jefri Riwu Kore-Kristo Blasin yang dicalonkan koalisi PDI Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra berada di urutan kedua dengan 23,25 persen. Pasangan incumbent, Daniel Adoe-Daniel Hurek, yang dicalonkan Partai Golkar, PKB dan sejumlah partai koalisi hanya mendapat 20,77 persen suara.


Meski masih perhitungan sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang, Daniel Bangu Ratu, yang dihubungi di Kupang, Rabu, 2 Mei 2012, mengatakan, kemungkinan pilkada berlangsung dua putaran karena perolehan suara para calon tidak mencapai 30 persen. “Putaran kedua pilkada dijadwalkan berlangsung 27 Juni mendatang,” kata Daniel.


Menurutnya, meski pleno perolehan suara baru akan diumumkan pada 7 Mei mendatang, namun dapat dipastikan pasangan calon independen Yonas Salean-Herman Man dan pasangan Jefri Riwu Kore-Kristo Blasin akan bertarung di putaran kedua.


Calon walikota Yonas Salean yang dihubungi di Kupang mengatakan, pihaknya sementara ini mempersiapkan langkah strategis untuk melanjutkan pertarungan di putaran kedua nanti. “Saya dicalonkan oleh rakyat. Seluruh biaya politik selama kampanye putaran pertama dibiayai oleh rakyat. Saya yakin rakyat Kota Kupang akan terus bersama saya dalam hajatan pilkada putaran kedua,” kata Yonas di kediamannya.


Calon incumbent, Daniel Adoe yang dihubungi terpisah mengatakan menerima hasil pilkada. “Saya menerima kenyataan. Selamat buat pasangan calon yang akan bertarung di tahapan berikutnya,” ujar Daniel.


Tim pemenangan pasangan calon Jefri Riwu Kore-Kristo Blasin mengharapkan KPU Kota Kupang dapat memperbaiki data jumlah pemilih karena dalam putaran pertama, lebih dari 100.000 warga yang kehilangan hak pilihnya. “Ribuan pendukung paket PDI Perjuangan yang tidak terdaftar sebagai pemilih. Mudah mudahan dalam putaran kedua seluruh warga Kota Kupang yang memiliki hak suara ikut memilih,” kata Gusti Beribe, pengurus DPD I PDI Perjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar